Detail Berita Utama

8 Prodi Baru Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

8 Prodi Baru Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) merespons dinamika masyarakat dan kebutuhan dunia kerja. “Ada banyak usulan dan masukan agar UPY membuka prodi baru. Masukan itu dicermati, dipertimbangkan, dipersiapkan segala sesuatunya yang kemudian diajukan ke Kemenristek Dikti, beberapa tahun lalu dan turunlah Surat Keputusan itu,”kata Dr. Ir. Paiman, M.P, Rektor UPY.

Dijelaskan Paiman, dari sejumlah keinginan masyarakat dan stakeholder, UPY mengajukan ke Kemenristek Dikti, ada 8 prodi baru telah turun SK-nya. Adapun kedelapan prodi baru itu adalah Teknik Industri, Farmasi, Arsitektur, Teknologi Hasil Pertanian, Pendidikan Vokasional Teknik Otomotif, Teknik Biomedis, Gizi, Teknik Rekayasa Elektromedis. Disebutkan Paiman, untuk SK dua prodi baru yaitu Prodi Ilmu Gizi serta Teknik Elektromedis di serahkan oleh Prof Didi Achjari SE Mcom Ak CA selaku kepala LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta pada jumat(19/7) lalu.

Dr.Ir. Paiman M.P(tengah) bersama para dosen baru untuk kedelapan prodi baru UPY

Dari 8 prodi baru sangat prospektif, lulusan akan terserap dunia kerja. Paiman memberi contoh, Prodi Teknologi Hasil Pertanian (THP). Prodi tersebut telah direncanakan dan menjalani proses pengajuan pendirian sejak januari 2019. Perencanaan ini didasari adanya impian untuk menjadikan THP berkolaborasi dan bersinergi dengan Fakultas Pertanian UPY dalam mengembangkan produk hasil pertanian, terutama hasil pertanian lokal.

“Lulusan prodi THP juga bisa jadi Entrepreneur/Wirausahawan, praktisi supervisor bagian produksi, Quality Control/QC, Quality Assurance, peneliti, baik staf, supervisor, manajer bagian penelitian dan pengembangan produk pangan serta nonpangan,”tandas Paiman, yang juga mantan Dekan Fakultas Pertanian UPY. Lulusan THP juga bisa menjadi Auditor, tugasnya memastikan dan mengawasi bahan, proses produksi suatu produk pangan, hasil pertanian yang aman untuk dikonsumsi.

Sedangkan berkaitan dengan 8 prodi baru, para dosen khususnya kedelapan prodi baru itu menyatakan kesanggupan untuk merealisasikan sesuai visi-misi prodi,”ujar Paiman.

baca juga: http://upy.ac.id/berita/upy-menjalin-kerjasama-dengan-rudn-dan-tsu-rusia-di-bidang-pendidikan