Detail Berita Utama

DISKUSI MENYAMBUT PERMENRISTEKDIKTI NO. 55 TAHUN 2018

DISKUSI MENYAMBUT PERMENRISTEKDIKTI NO. 55 TAHUN 2018

Kementrian PSDM BEM KM UPY menyelenggarakan kegiatan Kajian Isu dengan tema “Menyambut PERMENRISTEKDIKTI NO. 55 Tahun 2018” di Auditorium Universitas PGRI Yogyakarta yang bertepatan pada tanggal 21 November 2018, berlangsung dari pukul 14:30-17:30 WIB.

Diskusi tersebut di selenggarakan untuk mengkaji PERMENRISTEKDIKTI NO. 55 Tahun 2018 tentang Pembinaan Idieologi Bangsa dalam kegiatan kemahasiswaan di lingkungan kampus melalui UKM PIB, yang Sekaligus melegalkan kembali organisasi ekstra masuk dalam kehidupan kampus, permenristekdikti ini di keluarkan pada tanggal 28 Oktober 2018 bertepatan dengan hari sumpah pemuda yang ke-90 oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (bapak Muhamad Nasir)

Kegiatan itu terbuka untuk umum, di hadiri oleh beberapa mahasiswa delegasi dari berbagai organisasi Intra kampus dan mahasiswa umum Universitas PGRI Yogyakarta, juga menghadirkan tiga orang Pemateri yakni Dr Muhamad Ikbal Birsyada M.Pd, Rasyid ripamole, Muhamad Fairuzzabadi M.Kom.

Diskusi yang dipandu oleh saudara taufik hidayat tersebut diawali dari pemateri yang mengupas permenristekdikti tersebut dari berbagai sudut pandang (sejarah, hukum, hingga kemahasiswaan) kemudian di berikan waktu kepada masing-masing delegasi dari berbagai organisasi intra kmpus untuk menyampaikan pendapatnya, hingga sesi terakhir tanya jawab dari semua audiens yang hadir.

Diskusi yang cukup alot itupun sangat menarik karena berbagai pendapat di tuangkan dalam forum tersebut, yang mengupas sangat dalam terkait dampak positif maupun negative dari terbitnya permenristekdikti tersebut, baik terhadap organisasi intra, organisasi ekstra kampus itu sendiri, mahasiswa, Perguruan tinggi, hingga terhadap penguatan ideology bangsa (ideology pancasila). dari Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan sendiri (Muhamad fairuzzabadi, M.Kom) menyampaikan akan meleksanakan rapat internal di tataran rektorat juga menunggu surat edaran lanjutan Menrestekdikti terkait PERMENRSITEKDIKTI NO. 55 tahun 2018 tersebut untuk kemudian di tindaklanjuti.