Detail Berita Utama

DISKUSI NASIONAL: Optimalisasi Riset Untuk Peningkatan Kapasitas Dosen

DISKUSI NASIONAL: Optimalisasi Riset Untuk Peningkatan Kapasitas Dosen

Dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Universitas PGRI Yogyakarta mengingat saat ini masih berada pada cluster binaan dan pengabdian dalam cluster memuaskan. Sehingga masih perlu kerja keras lagi untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta menghasilkan karya ilmiah melalui jurnal internasional yang bereputasi, hak paten dll, yang diharapkan mampu untuk meningkatkan cluster UPY. Berdasarkan hal tersebut, sesuai dengan program kerja LPPM Universitas PGRI Yogyakarta, pada hari jumat (23/8) lalu diselenggarakan kegiatan Diskusi Nasional dengan tema “Optimalisasi Riset Untuk Peningkatan Kapasitas Dosen”. Kegiatan tersebut diadakan di Auditorium UPY yang di ikuti oleh seluruh dosen di UPY. Kemudian dihadiri juga oleh Dr.Ir.Paiman, M.P (Rektor UPY) dan juga wakil rektor UPY.

Pada Diskusi Nasional tersebut LPPM UPY mengundang Prof. Ocky karna Radjasa, M.Sc, Ph.D (Direktur Riset Dan Pengabdian Masyarakat Dirjen Penguatan Riset Dan Pengembangan Masyarakat Kemenristekdikti) dan Dr.biol.hom.Nastiti Wijayanti,S.Si,M.Si.(Reviewer nasional dari UGM) sebagai narasumber. “Tujuan kegiatan Diskusi Nasional ini tentunya adalah untuk meningkatkan kapasitas kemampuan dosen juga memberikan motivasi kepada dosen di lingkungan UPY untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara baik dan benar.”Ujar Dra. Rosalia Indriyati Saptatiningsih,M.Si (Kepala LPPM UPY).

Prof. Ocky mengungkapkan “kalau UPY ingin maju pada intinya harus menerapkan standar nasional dibidang penelitian secara tepat,”tandasnya. Hasil riset harus mempunyai tiga fungsi, yang pertama: mengembangkan iptek, kedua: mensejahterakan masyarakat, kemudian yang ketiga adalah meningkatkan daya saing bangsa, “lanjutnya.

Dijelaskan Rosalia Indriyati (Kepala LPPM UPY) “bahwa pada tahun 2018 proposal ke Ristekdikti tahun pendanaan 2019 UPY mengirim 31 proposal lolos 100%, penelitian dasar 1 proposal tidak lolos, dan penelitian terapan 1 proposal lolos. Dan pada tahun 2019 tahun pendanaan 2020 proposal penelitian yang baru ditutup 20 agustus kemarin, UPY mengirim  PKPT 2, PDP 15, penelitian dasar 1, dan penelitian terapan 3, dari sisi jumlah turun namun dari sisi jumlah dana yang diajukan mengalami kenaikan, semoga dapat lolos semua.”ujar Dra.Rosalia Indriyati Saptatiningsih,M.Si.

baca juga: http://upy.ac.id/berita/dhiniaty-gularso-dosen-upy-raih-doktor