Detail Berita Utama

Era New Normal, Forkompimcam Kasihan Tinjau Kesiapan UPY

Era New Normal, Forkompimcam Kasihan Tinjau Kesiapan UPY

UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Kasihan, Kabupaten Bantul, melakukan silaturahmi ke Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), Jumat (3/7/2020). Kunjungan dilakukan dalam rangka koordinasi sekaligus meninjau kesiapan UPY terkait era new normal dalam pandemi covid-19 sehubungan dengan rencana akan kembali aktifnya perkuliahan mahasiswa.

Kedatangan Forkompimcam yang tediri dari Camat Kasihan (Slamet Santosa, S.IP), Danramil Kasihan (Mayor Seni Agus Riyanta), dan Kapolsek Kasihan (Kompol Y. Tarwogo Nugroho, S.H) namun beliau berhalangan hadir yang kemudian diwakili Babinkamtibmas Ngestiharjo disambut Rektor UPY, Dr.Ir.Paiman, M.P, di ruang Rektor UPY.

Pada kesempatan itu Camat Kasihan selaku Ketua Forkompimcam kepada Rektor UPY menyatakan bahwa kunjungannya kampus ini selain menjalin tali silaturahmi antara dunia kampus, pemerintah tingkat kecamatan dan masyarakat secara umum juga membahas dan berkoordinasi soal rencana kembali aktifnya mahasiswa ke UPY masuk kuliah. Dibahas juga tentang rencana pembentukan Tim Gugus Covid-19 Ngestiharjo.

Forkompimcam Kasihan juga menyampaikan bahwa pihaknya berencana melakukan Pembentukan Gugus Covid-19 Ngestiharjo yang melibatkan perguruan tinggi di wilayah Ngestiharjo (UPY, Akademi Keperawatan YKY, STIE YKP), 12 Dukuh se Ngestiharjo, Puskesmas di Ngestiharjo, induk semang dari tempat kos yang berada di wilayah Ngestiharjo.

Sementara Rektor UPY Dr. Ir. Paiman, M.P menyatakan pihaknya telah melakukan persiapan matang sehubungan dengan akan kembali aktifnya mahasiswa ke kampus. Menurut dia, pihaknya siap melaksanakan perkuliahan dengan berpedoman pada Protokol Kesehatan.

Sejak memasuki New Normal, kata Dr Paiman, UPY sudah menerapkan pedoman protokol kesehatan dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah di antaranya mewajibkan memakai masker, menyiapkan tim dan tempat pengecekan suhu tubuh tiap civitas academika dengan thermogun, serta membuat tempat cuci tangan di sejumlah sudut kampus.

Dalam kunjungannya ke UPY Forkompimcam berkesempatan mengunjungi Museorium Sejarah UPY didampingi  Dr.Ir.Paiman, M.P beserta jajaran. Camat Kasihan, Slamet Santosa, merasa kagum dengan Museorium Sejarah di UPY, menurutnya koleksi di museum tersebut lumayan bagus dan lengkap, salah satunya bangunan-bangunan sejarah masa kerajaan yang didisplay dengan apik.

Setelah mengunjungi dan berkeliling area Museorium Sejarah UPY, rombongan Forkompimcam berserta Rektor meninjau Masjid Sela UPY dalam penerapan Protokol Kesehatan sekaligus melaksanakan ibadah salat Jumat bersama. (***)

baca juga: http://upy.ac.id/berita/rektor-upy-lantik-ketua-prosa-agroteknologi