Detail Berita Utama

KKN UPY 34: Mengembangkan Potensi Lokal Membangun Masyarakat Berdaya dan Mandiri

KKN UPY 34: Mengembangkan Potensi Lokal Membangun Masyarakat Berdaya dan Mandiri

Universitas PGRI Yogyakarta mengadakan pembekalan untuk KKN angkatan 34 tahun 2020 sebelum mahasiswa peserta KKN terjun langsung ke masyarakat. Pembekalan tersebut diadakan di auditorium selama 3 hari tanggal 13-15 Januari 2020, 2 hari pertama untuk KKN reguler dan 1 hari untuk mahasiswa yang mengambil KKN alternatif.  Universitas PGRI Yogyakarta Dr IrPaiman, M.P. Mahasiswa KKN berjumlah 1189, untuk KKN reguler akan diterjunkan di 4 kecamatan yakni Dukun, Kalibawang, Lendah dan Ngluwar. Sedangkan untuk KKN alternatif dilaksanakan di Desa Tridadi, Tlogoadi, dan Sidoarum.

Pembekalan ini di buka oleh rektor Universitas PGRI Yogyakarta Dr IrPaiman, M.P. di auditorium Universitas PGRI Yogyakarta tanggal 13 Januari 2020 dan dihadiri oleh 76 mahasiswa yang terdiri dari 7 kelompok.

Tema KKN Universitas PGRI Yogyakarta Angkatan ke 34 “Mengembangkan Potensi Lokal Membangun Masyarakat Berdaya dan Mandiri”. Tujuan dari pembekalan KKN adalah memberikan wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan teknik untuk melaksanakan kegiatan tertentu yang diperlukan dalam pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan KKN mulai dari observasi dan perencanaan sampai dengan evaluasi hasil pembuatan laporan, sehingga mahasiswa siap dalam hal persiapan Kuliah Kerja Nyata.

Selain materi pembekalan dari panitia KKN ataupun dosen pembimbing lapangan, pembekalan mengenai letak geografis, potensi, profesi dll juga disampaikan langsung oleh panewu serta camat dari berbagai daerah lokasi tempat KKN dilaksanakan.

Wakil Rektor 1 bidang akademik, Ahmad Riyadi M.kom, Bintang Wicaksono M.Pd (wakil panitia KKN 34) serta Panewu/Camat Kalibawang saat memberikan materi pembekalan.

Dalam pembekalan disampaikan mengenai Penjelasan Umum mengenai KKN UPY 2020, Profil dan Potensi tiap Kecamatan, observasi dan program KKN, pelaporan dan evaluasi, tata tertib dan etika, dan terakhir tentang pemberdayaan masyarakat.

Vidya Vitta Adhivinna, S.e M.Si. Ak, Aditya Wahana, M.Kom, dan Arip Febrianto, M.Pd.I memberikan materi pembekalan tentang observasi dan program KKN, pelaporan dan evaluasi, tata tertib dan etika, serta pemberdayaan masyarakat.

KKN merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat, bagi mahasiswa, KKN berupaya mengembangkan dan mempraktekkan kompetensinya selama kuliah di tengah masyarakat, KKN bagi masyarakat berupaya mendorong pengembangan kemandirian masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat maupun menyelesaikan persoalan-persoalan yang muncul dengan bekal dan keahlian mereka sendiri. Program KKN harus dirancang secara matang dengan matriks, berbentuk program kerja kelompok kecil dan kelompok besar.

baca juga: http://upy.ac.id/berita/upy-berhasil-meraih-medali-di-kejuaraan-internasional-pencak-silat-di-bali