Detail Berita Utama

Lokakarya; Penulisan Kreatif Etnografi

Lokakarya; Penulisan Kreatif Etnografi

Kamis, 8 Agustus 2019 bertempat di Auditorium Universitas PGRI Yogyakarta Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengadakan acara Lokakarya dengan tema “Penulisan Kreatif Etnografi” dengan pembicara Dr. Sigit Prawoto, M.Hum. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor 3, Muhammad Fariuzabadi, M.Kom. Kemudian penyambutan dari Kaprodi PBSI, Primasari Wahyuni, M.Pd. Dan hadir juga Dekan FKIP UPY, Darsono, M.Pd, serta dihadiri oleh seluruh dosen PBSI UPY. Dalam acara tersebut diikuti oleh mahasiswa PBSI UPY terutama diwajibkan bagi mahasiswa semester 6 yang diharapkan untuk menjadi bekal menulis skripsi ataupun penelitian mahasiswa.

Sigit Prawoto, M.Hum memaparkan bagaimana teknik etnografi dengan cara melakukan pengamatan atas budaya masyarakat dengan melibatkan diri secara langsung di dalam masyarakat itu dalam waktu tertentu, dan memamparkan bagaimana menulis secara etnografis. Menulis secara etnografis dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang meliputi; pertama, persiapan apa yang kita ketahui tentang kebudayaan yang dipelajari.  Kedua, pendahuluan membuat surat pernyataan kesediaan untuk terlibat dalam projek kita untuk menjadi narasumber. Ketiga, catatan lapangan/catatan wawancara, transkipsi dengan mencatat kunjungan yang kita lakukan di tempat itu, mencatat wawancara dengan partisipasi, dan mentraslitari hasil wawancara. Keempat, membuat jurnal/catatan harian yang berisi monolog internal atas apa yang kita pikirkan selama pelaksanaan projek itu, seperti memikirkan apa yang kita lihat, yang membuat kita bingung, dan apa yang harus kita pastikan untuk diwawancarai ataupun yang dapat memastikan bahwa kita berada di jalan lurus. Kelima draft dan revisi, tulisan yang perlu di sampaikan dan dikonfirmasi agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

baca juga: http://upy.ac.id/berita/seminar-nasional-dan-call-for-paper-plb-paud-penguatan-pendidikan-inklusif-dalam-layanan-paud-keluarga-dan-sekolah