Detail Berita Utama

MAHASISWA UPY THE NEXT INDONESIANEXT

MAHASISWA UPY THE NEXT INDONESIANEXT

INDONESIANEXT 2018 merupakan salah satu karya CSR Telkomsel. Program CSR pendidikan yang ditujukan untuk mahasiswa aktif D1 hingga Pascasarjana untuk mempersiapkan daya saing global dengan meningkatkan kompetensi baik keterampilan keras dan pelatihan soft skill dengan dilatih, instruktur yang kompeten dan bersertifikat. dikelola oleh PT. Sistem Piranti Destination sebagai mitra pelaksana konten program. Pelaksanaan program roadshow IndonesiaNEXT2018 yang akan diselenggarakan di 8 kota besar di Indonesia, seperti Bogor, Semarang, Padang, Lampung, Pontianak, Makassar, Bandung dan Malang.

Mengambil tema “Yes, Im The Next”, IndonesiaNEXT 2018. Seminar inspiratif yang menghadirkan para pembicara dari praktisi bisnis yang telah sukses di bidangnya ini diharapkan akan memberikan gambaran tentang persaingan di industri, serta wawasan tentang peningkatan mutu dan kompetensi sumber daya manusia agar dapat berkompetisi dengan tenaga kerja berkelas dalam skala global.

Program ini dihadiri lebih dari dari 500 mahasiswa di daerah Semarang dan sekitarnya, program ini memiliki beberapa rangkaian acara: seminar Inspiratif dan talkshow, Pelatihan Pemasaran Digital, Pelatihan Pengolahan Data, persiapan ujian dan Sertifikasi Internasional. Yang Terbaik dari daerah akan diundang ke Bootcamp nasional.

Beberapa minggu yang lalu (11/10/18) kami dari perwakilan Universitas PGRI Yoyakarta yang berjumlah 17 mahasiswa dari berbagai program studi berkesempatan mengikuti rangkaian program Roadshow IndonesiaNext2018 di Auditorium Prof. Soedarto Universitas Diponegoro Semarang berupa seminar inspiratif dan talkshow. Seminar inspiratif ini menghadirkan para pembicara dari praktisi bisnis yang telah sukses di bidangnya dalam program ini diharapkan akan memberikan gambaran tentang persaingan di industri, serta wawasan tentang peningkatan mutu dan kompetensi sumber daya manusia agar dapat berkompetisi dengan tenaga kerja berkelas dalam skala global.

Dari seminar inspiratif dan talkshow tersebut dipilih 400 peserta yang selanjutnya akan mengikuti pelatihan digital marketing yang dilaksanakan selama tiga hari pada 16-17 Oktober 2018 dan 5 November 2018. 6 mahasiswa dari berbagai program studi Universitas PGRI Yogyakarta berkesempatan mengikuti pelatihan digital marketing tersebut. Pelatihan digital marketing tersebut dilaksanakan di Universitas Diponegoro Semarang.

Beberapa pilihan materi yang disediakan dalam pelatihan digital marketing yaitu Digital Content Marketing using Hubspot, Technical Design Presentation using Microsoft Office Powerpoint 2013, dan Visual Design and Communication using Adobe Photoshop CS6/CC.

Setelah mendapatkan pelatihan, 400 peserta terpilih akan mengikuti persiapan ujian terkait opsi sertifikasi internasional yang diminati. Ujian sertifikasi internasional sendiri diadakan secara online dan dilaksanakan di Lab. Komputer Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang, yang terdiri dari sertifikasi Digital Marketing Certified Hubspot, Adobe Certified Associate Photoshop CS6/Creative Cloud 2018, dan Microsoft Office Specialist Powerpoint 2013.

            Kemudian, dari 400 peserta sertifikasi, akan dipilih 100 peserta yang mendapatkan scoring sertifikasi terbaik, yang berkesempatan untuk mengikuti pelatihan Technical Data Processing dan ujian sertifikasi internasional Microsoft Office Specialist Excel 2013.

Tahap selanjutnya adalah pelatihan Communication Skill, dimana akan ditentukan 30 peserta (TOP 30 Area) dari setiap kota berdasarkan nilai sertifikasi terbaik. Para peserta akan dilatih oleh pembicara dari Talk Inc. agar dapat melakukan presentasi dengan menarik, komunikatif, komprehensif, dan informatif. Tahapan ini akan diakhiri dengan evaluasi dan penilaian dari trainer berdasarkan presentasi yang dibuat dan disajikan peserta di depan panel, untuk kemudian mendapatkan 3 peserta terbaik dari tiap-tiap kota (TOP 3 Area).

Selanjutnya, peserta TOP 3 Area akan mendapatkan pembekalan secara intensif dalam tahap National Bootcamp, dengan materi Impactful Presentation and Communication, Critical Thinking, dan Industry Insight dan pada akhirnya,  peserta terbaik IndonesiaNEXT 2018 dipilih melalui proses National Qualification Panel.

Gambar 1.1 Pelaksanaan Seminar Inspirati dan Talkshow

 

Gambar 2.1 Pelaksanaan Pelatihan Digital Marketing

 

Gambar 2.1 Pelaksanaan Ujian Sertifikasi Internasional

upy