Detail Berita Utama

Mahasiswa Wirausaha, Kenapa Tidak?

Mahasiswa Wirausaha, Kenapa Tidak?

Entrepreneur adalah salah satu tagline dari Universitas PGRI Yogyakarta dimana diharapkan semua mahasiswa khususnya dari UPY mampu menjadi seorang wirausahawan-wirausahawan muda. Seperti yang diungkapkan oleh Anindita Imam Basri S.Ei M.M, Dosen Prosa Manajemen Universitas PGRI Yogyakarta dan juga seorang pengusaha muda di kota Jogja. Ia menjelaskan “kita membangun mental mereka (mahasiswa) di mata kuliah kewirausahaan, khususnya di manajemen kita ada mata kuliah ekonomi kreatif.”ungkap dosen yang fokus mengajar di bidang kewirausahaan dan ekonomi kreatif tersebut.

Pada dasarnya kita semua mempunyai kekreatifitasan yang luar biasa, kita harus menilai diri kita bahwa kita bisa melihat peluang. Anindita menegaskan “Peluang itu sangat luar biasa terbuka lebar banyak sekali, kita jangan hanya sekedar lulus lalu mencari kerja, tapi kita juga harus mampu membuka lapangan pekerjaan.”tegasnya. Ia juga merasa bangga terhadap mahasiswa dan mahasiswi Universitas PGRI Yogyakarta yang saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa namun sudah mampu menjadi seorang wirausahawan muda dengan kreatifitas-kreatifitas yang dimiliki. Bahkan tidak sedikit dari mereka baik dari yang sudah maupun belum lulus telah berhasil menjadi seorang pengusaha sukses.

Di mata kuliah yang di ampunya khususnya untuk mahasiswa manajemen ada keunikan tersendiri yaitu setiap selesai perkuliahan selama satu semester atau selesai mata kuliah akan diadakan EXPO, dimana semua mahasiswa menjual produk-produk kreatifitas mereka. “jadi mahasiswa yang mengikuti mata kuliah saya, setiap selesai kami adakan sebuah EXPO dimana mahasiswa dan mahasiswi saya menjual produk-produk jualan mereka saat acara inagurasi atau malam keakraban, karena kita juga harus mengasah mental mereka bahwasannya ujian pertama mahasiswa untuk berwirausaha adalah ego.”jelas Anindita. “Menghilangkan gengsi sebagai mahasiswa yang berwirausaha itu susah sekali, maka dari itu saya mencoba membangun itu sejak awal di mata kuliah saya dan membiasakan mental mereka untuk menjadi seorang Entrepreneur.”lanjutnya.

Berwirausaha itu melihat hal-hal yang positif, wirausaha itu cari yang halal dan jangan menghiraukan omongan orang lain, jadikan itu adalah penyemangat kita bahwa kita mampu berwirausaha. “Dasar utama sebagai mahasiswa untuk berwirausaha adalah niat, kemudian yang kedua adalah hilangkan gengsi jangan malu yang penting halal, lalu kita juga harus mau belajar karena peluang sangat banyak sekali bahkan usaha yang tidak memerlukan modalpun ada.”ungkap Anindita.

Sukses itu ada 2 yaitu success by design, maksudnya adalah sukses karena di support oleh orang-orang terdekat kita seperti orang tua, keluarga besar, teman-teman, lingkungan dan biasanya sudah di pupuk sejak kecil. Kemudian yang kedua adalah success by incident, yaitu sukses karena sebuah kejadian yang membuat kita down namun dari situ kita mampu bangkit dan mempunyai motivasi yang luar biasa untuk menjadi lebih baik lagi, tentunya kita juga tidak mengharapkan kejadian itu, tapi kita tidak ada yang tahu karena roda selalu berputar adakalanya kita saat di bawah adakalanya juga kita berada di atas, yang terpenting kita harus selalu mempunyai motivasi untuk selalu menjadi lebih baik.”ungkap dosen prosa manajemen UPY dan seorang pengusaha muda tersebut.

Terkait dalam mencari peluang usaha saat ini, Anindita berpesan “dalam perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan zaman, sebagai contoh di zaman ini untuk berwirausaha kita tidak harus mempunyai outlet, kita bisa memanfaatkan media-media online dan media sosial untuk promosi produk-produk kita dan kita harus memaksimalkan perkembangan teknologi yang semakin memudahkan kita untuk tetap produktif.”

baca juga: http://upy.ac.id/berita/terbiasa-dan-sering-praktik-membuat-skil-bahasa-inggris-meningkat-practice-makes-perfect