Detail Berita Utama

Pentingnya Peran Orang Tua, Guru dan Lingkungan Sekitar Bagi Anak Autism

Pentingnya Peran Orang Tua, Guru dan Lingkungan Sekitar Bagi Anak Autism

Program Sarjana PLB dan PG Paud Universitas PGRI Yogyakarta menyelenggarakan Seminar Online pada 12 agustus 2020 yakni dengan tema “Manajemen Penanganan Autism Spectrum Disorde Pada Anak Usia Dini” melalui aplikasi zoom dan disiarkan secara live streaming di youtube upyTV. Pada Seminar Online tersebut panitia mengundang narasumber yaitu Dr. Joko Yuwono, M.Pd (Dosen PLB Universitas Sebelas Maret) dan Rissa Widianti, M.Pd (Terapis ABK, Owner Sanggar Potensi Anak Madani).

Webinar 2nd EFA & Call For Paper di buka oleh Drs Eko Sumardi, M.Pd (Kepala BP PAUD & DIKMAS DIY), beliau mengucapkan terimakasih kepada panitia, moderator, dan semua peserta webinar yang sudah bergabung. “alhamdulillah puji syukur atas rahmat dari Tuhan YME kita semua bisa berkumpul disini walaupun melalui video call/zoom tanpa mengurangi makna dari silaturahmi yang sudah kita jalin selama ini.”kata Eko Sumardi (Kepala BP PAUD & DIKMAS DIY) dalam sambutannya melalui zoom. Webinar atau seminar ini terselenggara karena Kerjasama antara BP PAUD & DIKMAS DIY dengan Universitas PGRI Yogyakarta secara bersama-sama menginisiasi pelaksanaan webinar ini. Drs Eko Sumardi, M.Pd selaku Kepala BP PAUD & DIKMAS DIY berharap untuk semua peserta bisa mengikuti webinar ini sampai selesai agar ilmu yang diberikan oleh narasumber bisa di aplikasikan, sehingga kita bisa saling memberi ilmu yang kita pelajari bersama.

Drs. Eko Sumardi, M.Pd (Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY) saat memberikan sambutan dan membuka acara seminar online via zoom

Webinar atau Seminar tersebut berbeda dari yang lain yang selama ini sudah dilakukan di masa pandemi yang notabane mengacu pada anak-anak paud yang tidak berkebutuhan khusus, tetapi pada kesempatan ini BP PAUD & DIKMAS DIY yang berkolaborasi dengan Universitas PGRI Yogyakarta mengadakan seminar dimana mengacu bagaimana menangani anak-anak berkebutuhan khusus, karena bagaimanapun anak-anak yang berkebutuhan khusus juga harus diberi treatment karena mereka memiliki hak untuk belajar sama seperti dengan yang lainnya.

Sementara dalam penjelasannya, Dr. Joko Yuwono, M.Pd (Dosen PLB Universitas Sebelas Maret) menerangkan perihal pentingnya seorang Guru, Terapis, Orang Tua, Keluarga atau siapa saja yang hidup bersama anak autis sebaiknya mengenali anak autis secara detail. Untuk itulah orang-orang itu menjadi bagian penting untuk mengenali, memahami sampai detail terkait dengan problem-problem dan kemampuan anak autis tersebut.

Dr. Joko Yuwono, M.Pd (Dosen PLB Universitas Sebelas Maret) saat menyampaikan materi seminar online

Sedangkan Rissa Widianti, M.Pd (Kak Rissa) menjelaskan tentang tata laksana perilaku anak dengan autism spectrum disorder. Kak Rissa menerangkan bahwa autism bisa mulai dideteksi saat anak itu masih berumur 2-3 tahun apakah anak tersebut mengarah pada gejala autism atau tidak. Untuk setiap anak autism itu berbeda-beda, baik dari intelegensi diatas rata-rata, ada juga bahasa nomal namun memiliki hambatan di fungsi sosialnya dan juga intelegensia kurang dan non-verbal.

Rissa Widianti, M.Pd (Terapis ABK, Owner Sanggar Potensi Anak Madani)

Memang tidak mudah berkomunikasi dengan anak yang menderita autism. Namun, dukungan orang tua dan orang-orang di lingkungan sekitar tentu sangat berarti bagi anak tersebut. Dengan mampu memahami kebiasaan-kebiasaan anak, menyadari apa yang bisa dan belum bisa dilakukan dan membentuk ikatan batin yang kuat agar anak tersebut dapat berkembang dengan baik.

baca juga: http://upy.ac.id/berita/upy-melaksanakan-wisuda-dengan-model-drive-thru