Detail Berita Utama

PERSIAPKAN CALON GURU UNGGUL FKIP UPY IMPLEMENTASIKAN PROGRAM PDS

PERSIAPKAN CALON GURU UNGGUL FKIP UPY IMPLEMENTASIKAN PROGRAM PDS

Dalam era revolusi industri 4.0 saat ini menuntut berbagai pihak untuk terus meningkatkan kapasitas diri masing masing tidak terkecuali perguruan tinggi. Di Indonesia terdapat berbagai jenis perguruan tinggi dengan masing masing spesifikasi keunggulannya. Seluruh lembaga pendidikan tinggi di Indonesia memiliki satu tujuan utama yaitu membangun sumber daya manusia Indonesia yang unggul. Sumber daya yang unggul hanya dapat dihasilkan dari proses pendidikan terabaik yang dilakukan oleh para guru yang unggul. Guru yang memiliki keunggulan hanya dapat dihasilkan melalui suatu proses pendidikan guru yang terbaik di Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) yang unggul. LPTK yang unggul adalah LPTK yang mampu membangun jaringan dan sinergi antara pembelajaran di sekolah dengan proses perkuliahan di kelas. Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) yang ada di Yogyakarta juga turut serta untuk mempersiapkan calon guru terbaik di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui program Penugasan Dosen Di Sekolah (PDS). Pada tahun 2019 ini UPY menjadi salah satu bagian dari PTN dan PTS diseluruh Indonesia yang memperoleh Hibah Program Penugasan Dosen di Sekolah.

Sebagai bagian awal implementasi program ini UPY melaksanakan kegiatan sosialisasi Program PDS yang dihadiri oleh dinas terkait, sekolah mitra dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Tujuan dari kegiatan sosialisasi PDS ini adalah meninformasikan dan menyamakan persepsi antara LPTK dengan Sekolah Mitra tentang pelaksanaan program PDS ini. Pada tahun 2019 ini UPY berada dalam skema B yaitu implementasi kegiatan PDS di sekolah dan di Kampus. Setelah kegiatan sosialisasi ini dilanjutkan dengan workshop Dosen Pelaksana PDS di Sekolah dengan sekolah Mitra. Adapun dosen yang memenuhi kriteria untuk melaksanakan kegiatan PDS di Sekolah ini yaitu Darsono, M.Pd, Tri Wahana, M.Pd, Rina Dyah Rahmawati, M.Pd, Deri Amggraini, M.Pd dan Sisca Candraningsih, M.Sc. Sekolah yag terlibat dalam PDS ini yaitu SMA N 7 Yogyakarta, SMK N 1 Kasihan, SMP N 10 Yogyakarta, SD N Tamansari 2 Yogyakarta dan SD Muhammadiyah Ambarbinangun. Selanjutnya dosen yang telah melaksankan PDS di Sekolah pada tahun 2018 pada tahun ini akan melaksanakan PDS dikampus untuk mengimplementasikan pengalaman yang diperoleh melalui PDS dalam proses perkuliahan dikampus. Adapun dosen yang melaksanakan kegiatan PDS di Kampus yaitu Dr. Sunarti, M.Pd, Dra. Nurwahyumiani, M.A, Dra. Suharni, M.Pd, Dra. M.M Endang Susetyowati, M.Pd, Dra. Kristina Warniasih, M.Pd dan  Dr. Setyo Eko Atmojo, M.Pd.

Wakil Rektor III UPY dalam pembukaan sosialisai program PDS ini menyampaikan pentingnya seorang dosen mengetahui dan memiliki pengalaman yang nyata tentang masalah dalam kegiatan pembelajaran disekolah dan menemukan solusi untuk mengatasinya, sehingga melalui kegiatan PDS ini akan mampu menigkatkan pengetahuan dan wawasan dosen di FKIP UPY. Sejalan dengan pernyataan tersebut Ketua program PDS UPY berharap pelaksanaan program PDS ini dapat memberikan manfaat baik bagi Dosen Pelaksana PDS maupun sekolah Mitra sehingga terjalin kerjasama kemitraan yang semakin baik.