Detail Berita Utama

Putus Matarantai Penyebaran Covid-19, FKIP UPY Kembangkan Sterilization Chamber

Putus Matarantai Penyebaran Covid-19, FKIP UPY Kembangkan Sterilization Chamber

FKIP Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) meluncurkan (launching) alat bilik sterilisasi (Sterilization Chamber) untuk mencegah persebaran COVID-19, Kamis (9/4/2020). Dalam pembuatan dan pengembangan alat tersebut FKIP UPY bekerja sama dengan dengan Prosa Pendidikan Vokasioal Teknologi Otomotif FKIP UPY.

“Pembuatan alat tersebut sebagai langkah pencegahan persebaran virus yang semakin besar akhir-akhir ini. Penggunaan masker dan cuci tangan dirasa kurang menyeluruh ke badan menjadi alasan pengadaan alat ini,” terang Bayu Gilang Purnomo selaku Kaprosa PVTO UPY.

Menurut penelitian virus dapat menempel di barang-barang selama beberapa hari, sehingga selain pencegahan untuk diri sendiri perlu adanya pembersihan menyeluruh ke pakaian yang dikenakan secara cepat dan praktis. “Hal ini untuk membunuh virus karena droplet atau karena menyentuh permukaan yang tidak diketahui,” ujarnya.

Sterilization Chamber berfungsi mengubah air yang sudah dicampur dengan cairan antiseptic menjadi kabut dan melalui pipa dan tekanan udara menyebarkannya ke seluruh bagian tubuh. Pengkabutan ini membuat cairan pembunuh virus lebih banyak menyebar karena barupa kabut dan tidak terlalu membuat basah pakaian.

Selain itu alat tersebut menggunakan sensor gerak, Bayu menambahkan, apabila akan menggunakan alat hanya tinggal masuk bilik maka alat akan bekerja secara otomatis. Perlu diketahui, untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengguna, cairan yang dipakai bukan jenis desinfektan tetapi antiseptic aman untuk permukaan kulit dan pernafasan manusia.

“Alat sterilization chamber yang kami rancang aman bagi kulit maupun tubuh, kami harapkan civitas UPY tidak perlu khawatir dalam penggunaannya,” pungkas Bayu. Ia juga mengaharapkan alat ini dapat diproduksi lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan untuk pencegahan COVID-19 dan rencananya alat tersebut akan dihibahkan ke setiap kabupaten dan kota di DIY.

baca juga: http://upy.ac.id/berita/aksi-solidaritas-mahasiswa-fkip-upy-bersama-saling-menguatkan