Detail Berita Utama

SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPER PLB PAUD ” PENGUATAN PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM LAYANAN PAUD, KELUARGA DAN SEKOLAH”

SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPER PLB PAUD ” PENGUATAN PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM LAYANAN PAUD, KELUARGA DAN SEKOLAH”

Program studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) dan Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UPY untuk pertama kali menyelenggarakan 1st EFA 2019 Seminar nasional dan Call for Papers (22/7) dengan tajuk “Penguatan Pendidikan Inklusif dalam Layanan PAUD, Keluarga dan Sekolah” di SLB N 1 Bantul. Kegiatan ini berlangsung dengan sukses tidak lepas dari dukungan sponsor yatu, PT. Bugaro Mitra Selaras, Movie Box, Naisu Bento dan Qumicom.

Seminar dibuka langsung oleh Rektor Universitas PGRI Yogyakarta, Dr. Ir. Paiman, MP. Dalam sambutanya, Rektor UPY mengatakan bahwa program studi PLB dan PG-PAUD bersama UPY menyiapkan diri untuk tumbuh exponential (10 kali lipat) dengan terus mendorong prodi PLB dan PG-PAUD mengembangkan segala aspek seperti pengembangan keilmuan, sumber daya manusia dan menyediakan LAB terpadu yang representatif bagi perkembangan keilmuan dan luaran program demi terwujunya visi UPY Apik dan Unggul.

Ketua Panitia 1st EFA 2019, Yulian Agus Suminar, M.Pd menjelaskan, kegiatan ini dihelat sebagai kolaborasi program studi PLB dan PG-PAUD untuk memberikan ruang akademik kepada seluruh stakeholder dan sebagai media promosi prodi PLB dan PG-PAUD yang sudah memasuki tahun ke 2. Seminar diawali dengan pemaparan dari tiga narasumber yang mewakili akademisi dan praktisi yaitu: Prof. Dr. Suparno, M.Pd (Guru besar UNY dibidang Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dini) , Dr. Sukadari S.E., S.H., M.M (Dosen UPY) dan Asmar, S.Psi., M.Si., M.Psi., Psikolog (Praktisi Psikologi Klinis dan pemerhati pendidikan inklusif usia dini), yang memaparkan dan mendiskusikan masalah-masalah, tantangan dan harapan guru, siswa dan orang tua berkaitan dengan penanganan anak berkebutuhan khusus dan anak usia dini dalam pandangan pendidikan inklusif.

Seminar ini juga menjadi media deseminasi hasil pemikiran dan penelitian dari berbagai pemakalah yang mengunggah dan menjadi pemakalah dalam prosiding yang dilaksanakan setelah seminar usai. 1st EFA 2019 diikuti sebanyak 25 pemakalah dari berbagai latar belakang profesi dan berbagai universitasi di Indonesia.1st EFA 2019 diharapkan bisa menjadi kegiatan deseminasi ilmiah tahunan, yang mampu menjadi ajang temu ilmiah bagi seluruh stakeholder seperti akademisi perguruan tinggi, sekolah, guru, orang tua, dan mahasiswa untuk bisa berbagi ilmu dan pengalaman serta memberi ruang pada inovasi dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus dan anak usia dini.

baca juga: http://upy.ac.id/berita/sea-teacher-8th-upy-open-ceremony-mahasiswa-luar-negeri