Detail Berita Utama

Terbiasa dan Sering Praktik Membuat Skil Bahasa Inggris Meningkat “Practice Makes Perfect”

Terbiasa dan Sering Praktik Membuat Skil Bahasa Inggris Meningkat “Practice Makes Perfect”

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa resmi Internasional yang paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia. Ada 53 negara yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa resmi. Maka dari itu sangat penting untuk belajar dan menguasai bahasa inggris. Hal tersebut  juga disampaikan oleh Juang kurniansyah M.Pd saat menjadi narasumber di UPY Talkshow (29/05),  Dosen Program Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Yogyakarta sekaligus sebagai sekretaris di UPT Bahasa. “Bahasa inggris sangat penting untuk kita kuasai dan itu akan menjadi nilai tambah bagi kita.”tegasnya. Selain itu beliau juga di percaya sebagai salah satu dosen pembimbing Program Pertukaran Pelajar (SeaTeacher).

Disinggung soal program pertukaran pelajar Asia Tenggara atau SeaTeacher, ia menjelaskan “Sebelum melaksanakan program tersebut kita menseleksi mahasiswa, pertama dari administrasi, kemudian melakukan wawancara dengan tes kemampuan bahasa inggris mahasiswa calon partisipan program SeaTeacher tersebut, lalu kami akan cari tau kemampuannya. Yang terpenting dan syarat utama adalah kemampuan atau skill bahasa inggrisnya yang baik.”jelasnya. Untuk pelaksanaan program SeaTeacher biasanya kita mengirim mahasiswa tergantung kesepakatan dengan pimpinan dan Universitas yang sudah bekerjasama dengan kita, diantaranya dari Universitas di Thailand dan Filipina.”terangnya. “untuk kegiatan disana mahasiswa melaksanakan praktik mengajar disekolah-sekolah yang sudah ditentukan sebelumnya sama seperti PPL, begitu juga sebaliknya kita akan menerima mahasiswa program SeaTeacher yang dikirim  dari kampus diluar negeri dan mereka akan praktik disekolah-sekolah yang sudah ditentukan mulai dari SD sampai SMA.”lanjutnya.

Maka dari itulah mengapa Bahasa inggris sangat penting di zaman ini, selain diperlukan untuk dibidang pendidikan juga tidak menutup kemungkinan diperlukan untuk berbisnis atau menjalin kerjasama diberbagai bidang apapun dengan instansi-instansi khususnya di luar negeri untuk memudahkan dalam komunikasi menggunakan bahasa asing utamanya penggunaan bahasa inggris. Untuk belajar dan mampu menguasai bahasa inggris kita harus tahu dasar-dasarnya. Ia menjelaskan “ada 4 dasar utama dalam pembelajaran bahasa inggris yaitu listening(mendengar), Speaking(berbicara), reading(membaca), writing(menulis). Memang yang harus dikuasai lebih dulu adalah bagaimana kita mendengarkan bahasa inggris itu sendiri, dengan begitu kita akan terbiasa berbicara, setelah mulai terbiasa berbicara kita akan mulai banyak membaca, kemudian setelah terbiasa dengan membaca kita akan mulai terbiasa menulis dengan bahasa inggris.”jelas Juang.

Bahasa inggris selalu menjadi momok tersendiri untuk setiap orang khusunya dalam tata bahasa, namun kalau kita terbiasa mendengar dan menonton movie berbahasa inggris itu akan sangat membantu dan menambah kosakata tersendiri. “jadi bisa karena terbiasa itulah akan menjadi pondasi yang sangat penting untuk mampu menguasai bahasa inggris termasuk saat kita menonton movie berbahasa inggris itu juga akan membantu kebiasaan kita dan menambah kosakata tersendiri.”jelas juang. Saya juga sering berpesan kepada mahasiswa untuk membuat kelompok dan tidak perlu terlalu banyak cukup kelompok-kelompok kecil saja dimana di lingkup kelompok tersebut kita membiasakan berbicara dengan bahasa inggris, dari terbiasa itu kita akan lebih mudah memberanikan diri berbicara dengan bahasa inggris.”imbuhnya.

Pada intinya yang terpenting harus sering-sering berbicara dan mendengarkan bahasa inggris, baik dari menonton movie, mendengarkan lagu, membuat kelompok kecil untuk praktik dimana kita berkomunikasi menggunakan bahasa inggris sehingga kita juga bisa saling mengoreksi satu sama lain, tentunya masih banyak juga dari media-media online saat ini untuk membantu kita belajar bahasa inggris. “intinya adalah kebiasaan seperti listening music, watch movie, itu sangat-sangat membantu sekali bagaimana berekspresi, bagaimana mengungkapkan suatu kata, kemudian membuat suatu wadah atau kelompok kecil dimana kita saling berinteraksi menggunakan bahasa inggris sehingga dapat saling mengoreksi satu sama lain dan itu akan membantu kita dalam meningkatkan skil bahasa inggris kita.”tutur Juang. (feb)

baca juga: http://upy.ac.id/berita/mengenal-sosok-erin-mahasiswi-berprestasi-yang-gagal-keluar-negeri-karena-pandemi