Detail Berita Utama

UPY Berpartisipasi dalam Pembinaan Integrasi Budaya

UPY Berpartisipasi dalam Pembinaan Integrasi Budaya

Yogyakarta-Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menyelenggarakan kegiataan Pembinaan Integrasi Budaya. Delegasi dari berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Yogyakarta turut dilibatkan dalam kegiatan,  termasuk 3 delegasi Mahasiswa dari BEM KM yaitu saudari Eka Cahyati Putri (BK), Patrius Kia Bolly (Pendidikan Sejarah), dan Wahyudin (Informatika). Berlangsung selama 3 hari dari 23-25 Oktober 2019 di Desa Wisata Sermo hargowilis Kokap Kulonprogo.

Adapun materi yang diberikan yaitu berkaitan dengan Budaya seperti Kebudayaan dari Yogyakarta yang pematerinya diisi langsung oleh Ki Sutikno seorang Budayawan Yogyakarta, Filosofi Bhineka Tunggal Ika serta Pembekalan Kader Bhineka Tunggal Ika dalam segi kecerdasan berbasis IQ dan EQ yang diberikan dalam 2 sesi materi dipandu langsung oleh Dosen Psikologi UGM Pak Surono.

Pembinaan Integrasi Budaya ini diikuti oleh berbagai mahasiswa yang masing-masing mewakili provinsi yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke dengan tujuan untuk meningkatkan relasi dan saling menjaga keutuhan NKRI untuk mewujudkan kekuatan Bhineka Tunggal Ika. Mahasiswa tinggal di sebuah homestay dan bersosialisasi langsung dengan masyarakat sekitar,  dikenalkan serta dilatih dengan berbagai gamelan serta tarian yang kemudian langsung dipentaskan pada hari kedua dalam kegiatan tersebut.

Pemandangan langsung Waduk Sermo membuat para peserta kegiatan sangat menikmati dan menyatu dengan alam karena tempat pelaksanaan kegiatan berlangsung tepat berada di area wisata Waduk Sermo. Antusias terlihat ketika peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengunjungi home industri yang berada di desa tersebut diantaranya adalah gula semut, ikan krispi, pembuatan tiwul dan aneka produksi lainnya. Harapan pelaksanaan kegiatan ini yaitu mampu mencetak para Kader Bhineka Tunggal Ika untuk menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI di era Milenial. (Ecp)

baca juga: http://upy.ac.id/berita/forum-bem-diy-bersama-papua-maluku-kalimantan-dan-sumatera