Detail Berita Utama

UPY BERSAMA ISAT-U Philippines Menyelenggarakan International Conference

UPY BERSAMA ISAT-U Philippines Menyelenggarakan International Conference

Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) dan Iloilo Science and Technology University (ISAT-U, Philippines) bekerja sama dengan SEAMEO QITEP in Mathematics, The Association of Science and Mathematics Coaches (ASMAC) Philippines serta Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia (ADRI) menyelenggarakan sebuah kegiatan konferensi internasional ‘1st UPY International Conference on Applied Science and Education (1st UP-INCASE) and 5th International Conference on Education for Sustainable Development 2018’ dengan tema“Integrated STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) for Future Education”. Konferensi internasional telah diselenggarakan pada tanggal 24-26 Oktober 2018 bertempat di Rich Jogja Hotel, Yogyakarta. Konferensi internasional dan Call for Papers ini bertujuan untuk mengakomodasi  berbagai hasil pemikiran para dosen, peneliti, mahasiswa dan praktisi untuk meningkatkan kebiasaan dan daya kompetisi nasional di era global melalui pendidikan masa depan dengan berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics).

Pada konferensi internasional ini, melibatkan pembicara dari 5 (lima) negara, yaitu dari Philippines, Australia, Taiwan, Malaysia serta Indonesia. Nama-nama pembicara adalah sebagai berikut.

  1. Jasper Pastrano dari Iloilo Science and Technology University (ISAT-U), Philippines, dan selaku President ASMAC Philippines.
  2. Allan Leslie White dari Western Sydney University, Australia
  3. Cathy S Lin dari National University of Kaohsiung (NUK), Taiwan
  4. Datuk Moh. Nuh Dalimin dari Universiti Tun Hussein On (UTHM), Malaysia
  5. Prapto Yudono, M.Sc dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  6. Dr. Buchory MS, M.Pd dari Universitas PGRI Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

Ketua Panitia Konferensi Internasional, Marti Widya Sari, S.T., M.Eng, menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 150 pemakalah yang berasal dari Philippines, India dan Indonesia, serta dihadiri oleh Vice President ISAT-U, Dr. Manuel Sanchez, Jr., President Northern Iloilo Polytechnic State College (NIPSC) Philippines, Dr. Palmares, Direktur SEAMEO Qitep in Mathematics, Dr. Wahyudi, perwakilan dari ADRI, Jajaran Pengurus Yayasan Pembina UPY serta Wakil Rektor I, II dan III UPY. Rangkaian kegiatan konferensi internasional dimulai pada tanggal 24 Oktober 2018, dengan sambutan pembuka dari Wakil Rektor I UPY, Ahmad Riyadi, M.Kom, dan dilanjutkan oleh Kepala LLDIKTI, Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES, DEA, sekaligus membuka konferensi internasional.  Pada hari pertama, disampaikan materi oleh 3 (tiga) keynote speaker, yaitu Prof. Jasper L Pastrano (ISAT-U), Prof. Cathy S Lin (NUK) dan Prof. Prapto Yudono (UGM), serta dilanjutkan dengan sesi paralel. Selanjutnya, di hari kedua, disampaikan materi oleh 3 (tiga) keynote speaker, yaitu Prof. Allan Leslie White (WSU), Prof. Datuk Moh Nuh Dalimin (UTHM) dan Prof. Buchory MS (UPY), serta dilakukan penandatanganan MoU antara ISAT-U, NIPSC dan UPY dengan 23 perguruan tinggi di Indonesia. Rektor UPY, Dr. Ir. Paiman, MP, sangat berharap akan adanya realisasi dari penandatanganan MoU ini. Kemudian sesi terakhir adalah Workshop for International Publication and Coaching Clinic, dengan narasumber Dr. Tutut Herawan.

Dilanjutkan dengan acara malam Gala Dinner yang bertempat di Auditorium Universitas PGRI Yogyakarta. Agenda hari ketiga (26 Oktober 2018) adalah kunjungan ke sekolah, oleh peserta dari ASMAC Philippines. Sekolah tujuan yang dikunjungi adalah SMPN 4 Depok Sleman dan SMAN 3 Yogyakarta.