Detail Berita Utama

UPY Bertekad Menjadi Perguruan Tinggi Unggul

UPY Bertekad Menjadi Perguruan Tinggi Unggul

Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), tahun 2030 bertekad menjadi perguruan tinggi unggul dengan menghasilkan lulusan yang bertaqwa, kompetitif, profesional, memiliki komitmen nasional, dan berwawasan global. Maka untuk mewujudkan itu, sejak beberapa tahun terakhir ini UPY mulai berbenah.

Rektor Universitas PGRI Yogyakarta, Dr Ir Paiman MP, mengatakan hal itu saat memwisuda 240 sarjana dan pasca sarjana di Auditorium Kampus UPY, Jalan PGRI 1 Sonosewu, Yogyakarta, Sabtu (30/6). Dari jumlah wisudawan tersebut, 91 laki-laki dan 149 wanita serta 29 lulusan program Magister Pendidikan (S2) dan 211 orang lulusan program strata satu (S1).

Wisudawan S1 terdapat tiga orang (1,42 persen) meraih predikat lulus, 15 orang (7,11 persen) meraih predikat memuaskan, 133 orang (63,03 persen) meraih predikat sangat memuaskan, dan 60 orang (28,44 persen) meraih predikat dengan pujian atau cumlaude.

Sementara wisudawan Pascasarjana (S2) terdapat empat orang (13,79 persen) meraih predikat memuaskan, dan 19 orang (65,52 persen) meraih predikat sangat memuaskan dan enam orang (20,69 persen) meraih predikat dengan pujian atau cumlaude.  

Lebih lanjut Rektor UPY, Paiman mengatakan, tahapan mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran UPY tahun 2018-2022 memasuki tahapan ketiga. Yakni membangun image untuk mewujudkan keunggulan UPY pada tingkat ASEAN.

Untuk mewujudkan keunggulan tersebut, rektor mendorong ditingkatkan kinerja bidang akademik dan kelembagaan, bidang SDM, dan bidang kemahasiswaan, alumni dan kerja sama. 'Hal itu kami lakukan agar UPY bisa lari lebih cepat untuk mengejar target yang telah ditetapkan,' katanya.

Untuk dapat mewujudkan target tersebut, seluruh sivitas akademika berkomitmen UPY siap bertumbuh 10x lebih besar. 'Kami harus lari lebih cepat secara eksponensial, tidak cukup hanya berjalan secara linier. Kami harus bahu-membahu merapatkan barisan untuk membangun kekuatan bersama,' ujarnya.

'Kami selalu berpikir positip dan eksponensial bahwa semua itu bisa diwujudkan. Kami yakin dan selalu mencari solusi apa yang harus dilakukan serta cepat bertindak untuk meraih target. Apalagi apa yang selama ini kami cita-citakan mendapat sambutan positif dari pihak Yayasan Pembina Universitas PGRI Yogyakarta (YP-UPY),' imbuhnya.

Untuk mempercepat keinginan tersebut, maka untuk memperluas akses pendidikan di masyarakat UPY tahun 2018/2019 telah membuka program studi baru untuk program S1. Yaitu Pendidikan Luar Biasa (PLB) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

'Kini kami mohon doanya semoga prodi baru Teknik Industri segera mendapat izin operasional dari Kemenristekdikti tahun ini,' katanya.

'Tahun ini, kami juga sedang berusaha mengajukan pembukaan tiga program studi baru ilmu kesehatan. Yaitu prodi, Farmasi, Analis Kesehatan dan Ilmu Gizi,' tambah rektor.

Di hadapan wisudawan rektor berpesan, bahwa sukses bukan faktor kebetulan, tetapi harus direncanakan. Sebab, kata dia, hidup itu memilih. Maka hadapi hidup dengan kerja keras, maka kelak suatu saat kehidupan akan lunak.

'Sebaliknya bila hidup ini dihadapi dengan lunak, maka suatu saat kehidupan akan keras kepada anda. Untuk itu, pesan saya jangan mudah menyerah, karena sukses ditentukan oleh dirimu sendiri bukan orang lain,' pesannya.