Detail Berita Utama

UPY Menjalin Kerjasama Dengan RUDN dan TSU Rusia di Bidang Pendidikan

UPY Menjalin Kerjasama Dengan RUDN dan TSU Rusia di Bidang Pendidikan

Universitas PGRI Yogyakarta  menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan dua perguruan tinggi, yakni RUDN University dan Tomsk State University (TSU) Rusia. Penandatangan MoU dilakukan di Gedung KBRI Moskow, Jumat (2/8) lalu. Dalam momentum tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. HM Budi Djatmiko Msi (Ketua Aptisi), Dr. Kasiyarno M.Hum (Ketua Aptisi DIY), Prof. Dr. Didi Achjari Mcom (Kepala LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta).

Penandatanganan MoU dilakukan Prof. Vladimir Filippov (RUDN University) dan Artyom Y Rykun (Tomsk State University) dan Dr. Ir. Paiman M.P (Rektor UPY). “UPY melakukan penandatanganan MoU bersama 17 PT di DIY, 27 PT di Indonesia,”ujar Dr.Ir. Paiman, M.P, Minggu (4/8). Dijelaskan Paiman, MoU dengan 2 PT dilaksanakan dalam upaya penjajagan kerja sama untuk melakukan kolaborasi bidang pendidikan, seminar, joint research, publikasi, serta studi lanjut dosen UPY. Dipilihnya 2 PT tersebut karena kampus yang maju dan bisa diajak kerja sama studi lanjut S2 dan S3 serta International Conference.

Untuk pengembangan teknologi industri, komputer, sipil, geologi sudah sangat maju dan masih butuh waktu untuk tindak lanjut. Setelah MoU dengan 2 PT, rombongan atau delegasi Asosiasi Perguruan Tingi Swasta Indonesia (Aptisi) berkunjung untuk studi banding dan penjajagan kerja sama ke Moscow State University.  “Moscow State University juga mengajak untuk bisa studi lanjut di universitasnya,”ucapnya sambil menambahkan ada 500 mahasiswa Indonesia yang kuliah di Rusia. “Rusia bisa menjadi rujukan untuk perkembangan teknologi dan dunia pendidikan tinggi di Indonesia.”tandasnya.

baca juga: http://upy.ac.id/berita/persiapkan-calon-guru-unggul-fkip-upy-implementasikan-program-pds