Detail Berita Utama

Workshop Public Speaking “IMPROVE YOUR PUBLIC SPEAKING AND BE A GOOD SPEAKER”

Workshop Public Speaking “IMPROVE YOUR PUBLIC SPEAKING AND BE A GOOD SPEAKER”

RABU,27/03/2019, di Auditorium Universitas PGRI Yogyakarta(UPY), Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (TI) mengadakan pelatihan public speaking dengan tema “Improve Your Public Speaking And Be A Good Speaker. Pelatihan publlic speaking merupakan program kerja dari Devisi Penelitian dan Pengembangan yang diikuti oleh berbagai kalangan dari dosen , mahasiswa UPY serta mahasiswa dari Univeritas lain.

Pelatihan public speaking mendatangkan Tim pembicara dari Ajisaka Training Center yang telah ahli di bidangnya, yaitu Wisnu Prawijaya (pelatihan public speaking), Rohmat Eddyanto (pelatihan public speaking) dan Bisma Putra Aprilianto (pelatihan praktik public speaking). Diikuti oleh 93 peserta terdiri dari 2 Dosen TI, 1 Mahasiswa UMY, 1 Mahasiswa UNY, 1 Mahasiswa UGM dan 88 Mahasiswa UPY. Tujuan utama Workshop Public Speaking yaitu memberikan pelatihan serta pemahaman untuk bekal dalam terciptanya Speaker-Speaker yang baik kedepannya, dalam pelatihan memiliki 4 tahapan yang memiliki point-point yang sangat penting.

Rohmat Eddyanto, selaku pembicara pertama pelatihan public speaking menyampaikan materi pertama “membangun percaya diri”, diantaranya adalah: Entertain (Characteristic, Confidence, Gesture, Voice, Passion, Fun). Memiliki kepercayaan diri saat berhadapan dengan audience, merupakan modal yang baik ketika akan berbicara di hadapan orang banyak, hal itu tergantung dengan jam terbang, waktu, dan latihan (latihan di depan kaca), hal lain yang harus diperhatikan adalah mempunyai gestur yang bagus, memiliki kharisma. Memiliki suara yang enak di dengar, memerhatikan intonasi, seta tinggi rendah nada suara.

Wisnu Prawijaya, selaku pembicara ke dua pelatihan public speaking menyampaikan materi ke dua “Basic Seni Komunikasi”, diantaranya adalah:

  1. Mental (Rileks, buang rasa gugup, dan be your self!)

2.Fisik ( Jaga mulut dan tenggorokan tetap basah dll)

  1. Materi (Membaca literatur, menyusun kerangka materi dan yang terpenting kuasai materi)

Rohmat Eddyanto, selaku pembicara ke tiga pelatihan public speaking menyampaikan materi ke tiga “Teknik Vokal”, diantaranya adalah:

  1. Intonasi (Intonation) nada bicara harus pas
  2. Artikulasi (Articulation) pelafalan atau pengucapan jelas
  3. Aksentuasi (Accentuation) Penekanan Kata
  4. Pemenggalan Kalimat (Phrasering)
  5. Infleksi (Inflection) perubahan nada suara
  6. Kecepatan (Speed) 104-144 kata per menit
  7. Volume Suara

Pada sesi materi terakhir, ditutup dengan adanya simulasi public speaking dari Peserta yang dipandu oleh Bisma Putra Aprilianto. Sesi terakhir disi dengan belajar praktek mengenai bagaimana menjadi Master Of Ceremony yang baik, bagaimana menggunakan kata, bagaimana mengunakan mimik wajah dan penggunaan intonasi suara dari perut dengan baik. (Agung, Eni, Shofia dan Arif - SIE Acara)

baca juga: http://upy.ac.id/berita/pre-service-student-teacher-exhance-in-southeast-asia