EFEKTIVITAS METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK DISLEKSIA DI SEKOLAH DASAR

Mahilda Dea Komalasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengukur efektivitas metode multisensory dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik disleksia di kelas 2 SDN Tamasari 3 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang menyajikan perubahan kemampuan membaca subjek setelah mendapat perlakuan. Subyek dalam penelitian ini adalah lima peserta didik kelas dua SDN Tamansari 3 Yogyakarta yang menderita disleksia. Perlakuan menggunakan metode multisensori diberikan secara klasikal selama empat kali pertemuan dengan durasi 2 x jam pelajaran di setiap pertemuan.Kemampuan membaca permulaan anak diukur dengan meminta anak membaca kata sederhana.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.Hasil tes membaca dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan hasil pengamatan dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil deskripsi data menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan membaca peserta didik disleksia.Hal itu ditunjukkan oleh peningkatan jumlah pengenalan kata, waktu membaca, serta jumlah banyak kata yang dibaca per menit.

Kata kunci: metode multisensori, kemampuan membaca pada peserta didik disleksia sekolah dasar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Jurnal Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Universitas PGRI Yogyakrta. All rights reserved. ISSN p-2338-980X || e-2502-4264

View My Stats