PEMANFAATAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH (Penelitian pada Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar Tempurejo I, Kabupaten Magelang)

Khusnul Laely Khadziq Ma’arif

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelas satu Sekolah Dasar melalui pemanfaatan media flash card di SD Tempurejo I Kabupaten Magelang. Penelitian dilakukan dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian sebanyak dua puluh siswa pada anak kelas satu, SD Tempurejo I Tahun Ajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data  menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelas satu Sekolah Dasar melalui pemanfaatan media flash card. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan membaca huruf hijaiyah mengalami peningkatan dengan hasil kemampuan awal kemampuan membaca huruf hijaiyah mencapai 25,7%, siklus I mencapai 54,29% dan siklus II mencapai 88,57%. Hal ini berarti bahwa pemanfaatan media flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelas satu Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Media flash card, kemampuan membaca, huruf hijaiyah anak


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Jurnal Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Universitas PGRI Yogyakrta. All rights reserved. ISSN p-2338-980X || e-2502-4264

View My Stats