Petunjuk Bagi Calon Penulis Jurnal

Petunjuk Bagi Calon Penulis Jurnal Elementary School

ISSN 

 p-2338-980X || e-2502-4264

 

  1. Elementary School mempublikasikan tulisan ilmiah dari telaah pustaka maupun hasil penelitian dalam lingkup pendidikan dan pembelajaran Ke-SD-an.
  2. Artikel yang dikirimkan harus asli merupakan karya sendiri yang belum pernah di publikasikan atau sedang diajukan untuk dipublikasikan dalam jurnal lain.
  3. Artikel yang dikirimkan belum pernah disajikan dalam forum ilmiah (seminar) baikingkat lokal, nasional dan internasional.
  4. Tulisan diketik dalam bahasa indonesia dengan huruf Times New Roman ukuran 12 pts, spasi 1 dengan margin 3 cm pada semua sisi pada satu muka ukuran A4 dengan format dua kolom selain abstrak. Panjang artikel maksimal 15 halaman, dikirim dalam bentuk print out sebanyak tiga eksemplar disertai file format docx dalam CD atau dikirim melalui email setyoekoatmojo@yahoo.co.id.
  5. Sietematika penulisan artikel hasil pemikiran (telaah pustaka) terdiri dari Judul, Nama Penulis (tanpa gelar), abstrak, pendahuluan, pembahasan, penutup, daftar pustaka. Sietematika penulisan artikel hasil penelitian terdiri dari judul, nama penulis (tanpa gelar), abstrak, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, penutup, daftar pustaka.
    1. Judul

Judul ditulis dengan singkat dan padat, maksimal 14 kata dan harus mencerminkan isi artikel.

Nama Penulis

Nama penulis ditulis tanpa gelar, dapat individu maupun tim (semua nama penulis dicantumkan).

Instansi dan alamat penulis

Instansi asal penulis, alamat email, nomor HP yang letaknya dibawah nama penulis.

Abstrak

Ditulis dalam bahasa indonesia dan inggris maksimal 150 kata ditulis dalam paragraf yang berisi tujuan, metode, hasil penelitian disertai dengan kata kunci (keywords) yang mencerminkan isi artikel.

Kata kunci

Ditulis dibawah abstrak dengan jarak satu baris. Kata kunci merupakan kata yang mencerminkan esensi isi dan cakupan permasalahan, terdiri dari beberapa buah kata/istilah.

Pendahuluan

Berisi latar belakang, masalah, tujuan, dan kajian pustaka.

Metode

Berisi pendekatan, cara atau metode yang digunakan.

Hasil dan Pembahasan

Berisi hasil penelitian dan pembahasan hasil tersebut bukan membaca data.

Kesimpulan

Berisi kesimpulan hasil penelitian.

Daftar pustaka

Diusahakan dari sumber primer terbitan 10 tahun terakhir dan hanya mencantumkan sumber yang dirujuk didalam tulisan (artikel). Nama yang dirujuk dalam artikel harus ada dalam daftar pustaka atau sebaliknya. Penulisan daftar pustaka mengikuti model APA (American Psycological Assocation) tahun 2010.

 

Contoh Penulisan daftar pustaka berupa :

 

Buku

Sunarti. 2013. Dasar-Dasar Penulisan Artikel Ilmiah dan Populer. Yogyakarta: Andi Offset.

Artikel dalam jurnal

S.E. Atmojo. 2012. Profil Keterampilan Proses Sains dan Apresiasi Siswa terhadap Profesi Perajin Tempe dalam Pembelajaran IPA Berpendekatan Etnosains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (2). 115-122.

Artikel dalam surat kabar

Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm 3.

Dokumen resmi pemerintah

Undang undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian (tidak diterbitkan)

Yanar Tri Isnaeni. 2005. Efektivitas Layanan Pembelajaran Bidang Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas II SMP Negeri 16 Semarang Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNNES.

Makalah dalam seminar

Setyo Eko Atmojo. 2013. Implementasi Pembelajaran IPA Bervisi SETS (Sience, Environment, Technology andSociety) untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui Lesson Study. Proceeding Seminar Nasional IPA IV FMIPA UNNES, 27 April 2013. Semarang: Unnes Press.

 

  1. Tabel dan gambar diberi nomor urut dari yang paling awal, maksimal memuat 12 gambar dan tabel satu artikel. Tabel dtulis dengan garis horisontal tanpa garis vertikal. Judul gambar dan tabel ditulis diatas tabel dan gambar, diketik dari tepi kiri.
  2. Artikel yang diterima oleh penyunting akan diseleksi secara anonim oleh mitra bebestari. Kemungkinan artikel yang dikirimkan memiliki tiga kemungkinan:
    1. Diterima tanpa revisi
    2. Diterima dengan perbaikan
    3. Ditolak (artikel yang ditolak tidak dikembalikan kecuali diminta oleh penulis).
    4. Artikel Jurnal Elemantary School yang sudah dipublikasikan dapat diakses melalui alamat: http://upy.ac.id/ojs/index.php/ElementarySchool
    5. Setiap penulis artikel yang artikelnya dimuat dalam jurnal dikenai biaya Rp.200.000,00 dan mendapatkan satu exemplar jurnal Elementary School.



Creative Commons License

Jurnal Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Universitas PGRI Yogyakrta. All rights reserved. ISSN p-2338-980X || e-2502-4264

View My Stats