EVALUASI SUPERVISI EKSTRAKURIKULER PAI SMPDI KECAMATAN KOKAP DAN PANJATANKABUPATEN KULON PROGO

Widodo _

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi supervisi ekstrakurikuler PAI SMP di Kecamatan Kokap dan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Evaluasi  meliputi aspek desain, input, proses dan hasil supervisi ekstrakurikuler PAI. Jenis penelitian menggunakan metoda kualitatif dengan  pendekatan diskriptif evaluatif  dan data kualitatif model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Responden dalam penelitian adalah pengawas madya PAI berjumlah 2 orang dan guru Pendidikan Agama Islam berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kesenjangan pada indikator desain supervisi,  terdapat kesenjangan pada indikator input supervisi, terdapat kesenjangan pada indikator prosesdan hasil supervisi. Secara umum masih terjadi kesenjangan pada pelaksanaan supervisi ekstrakurikuler PAI SMP di Kecamatan Kokap dan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Maka direkomendasikan pelaksanaan dan tindak lanjut supervisi ekstrakurikuler PAI hendaknya dilaksanakan sesuai dengan program supervisi agar kualitas proses kegiatan ekstrakurikuler PAI di sekolah dapatt meningkat.

Kata kunci: evaluasi, supervisi ekstrakurikuler


References


Suharsimi Arikunto, dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. 2010. Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Burhan Bungin,. 2008.Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Solial Lainnya. Jakarta: Kencana Pradana Media Group.

John W Cresswell,. 2013. Research Design : Pendekatan kualitatiff, Kuantitatif, dan Mixed, Terj. Oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Agus Darma,. 2001. Manajemen Supervisi: Petunjuk Praktis Bagi Para Supervisor. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Wahyu Imawati, 2014, Evaluasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru PAI SMK Kabupaten Kulon Progo. Tesis MSI UMY. Yogyakarta.: Program Studi Supervisi Pendidikan Agama Islam.

Kementerian Agama R.I. 2012. Panduan Umum Penyelenggaraan Kegiatan Ekstrakurikuler PAI Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Dirjen Pendis Direktorat PAI.

---------. 2011. Keputusan Menteri Agama R.I. Nomor 211 Tahun 2011 tentang Standar Nasional Pendidikan Agama Islam. Bab III Nomor f

---------. 2009. Peraturan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor Dj.I/12A Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam pada Sekolah. Dirjen Pendis Kemenag, Jakarta.

---------. 2012. Peraturan Menteri Agama R.I. Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas PAI di Sekolah. Bab II pasal 4 ayat 2.

---------. 2010 Peraturan Menteri Agama R.I. Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agamadan Pendidikan Keagamaan di Sekolah. Bab IV Pasal 8 ayat (3).

Kementerian Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 2010. Peraturan Menteri nomor 21 tahun 2010 tentang jabatan fungsional pengawas sekolah dan angka kreditnya. Bab II pasal 6 ayat 2 b.

Binti Maunah,. 2009. Supervisi Pendidikan Islam (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Teras.

M.B. Miles & A.M. Huberman. 1992. Analisis Data kualitatif terjemahan Tjetjeb Rohendi Rohidi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif.Yogyakarta.: PT. LkiS Pelangi Aksara.

Piet Sahertian,. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.