PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGAN KARIR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN ARAH KARIR PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Eko Perianto, Arum Setiowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa Modul Bimbingan Karir sebagai upaya meningkatkan pemahaman arah karir pada mahasiswa tingkat akhir serta untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap Modul Bimbingan Karir yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sig. (2-tailed) 0,000 sehingga bila dilihat dari kriteria uji maka 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak. Selanjutnya Skor sebelum mengikuti bimbingan karir jumlah Mean 27.69 dan skor setelah mengikuti bimbingan karir jumlah Mean 34.54. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa bimbingan karir yang dilakukan dengan menggunakan isi modul pemahaman arah karir mahasiswa tingkat akhir yang dikembangkan melalu layanan bimbingan klasikal dapat meningkatkan pemahaman arah karir mahasiswa tingkat akhir.

Kata kunci: modul bimbingan karir, pemahaman karir, mahasiswa


References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Afdal. (2009). BimbingaN Karir Di Perguruan Tinggi. Artikel. Konseling Indonesia.

Burhan dkk. (2004). Statistik Terapan untuk penelitian ilu-ilmu sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Press.

Depdiknas. (2007). Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.

Depdiknas. (2007). Diktat Instruktur Tingkat Lanjutan Guru Pembimbing SMA. Depdiknas.

Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidiakan Formal. Jakarta : Depdiknas.

Muri Yusuf. (2002). Kiat Sukses dalam Karir. Padang: Ghalia Indonesia.

Sukardi, 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Salahudin, Anas. (2010). Bimbingan dan Konseling. Bandung: CV Pustaka Setia.

Santiasa, I Wayan. (2009). Metode Penelitian Pengembangan dan Pengembangan Modul. Universitas Pendidikan Ganesha.

Prastowo, Andi. (2010). Memahami Metode-metode Penelitian. Yogyakarta: Arus Media.

Purwanto. (2007). Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan Pengembangan dan Pemanfaatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Masdrasah (berbasis integrasi). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

W.S. Winkel dan M.M Sri Hastuti. (2004). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan.Yogyakarta: Media Abadi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.