PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS NILAI KARAKTER UPY “KARAKTERKU” UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER MAHASISWA UPY

Sukadari _, Mahilda Dea Komalasari

Abstract


Penelitian pengembangan multimedia interaktif berbasis nilai karakter UPY ‘Karakterku’ ini bertujuan untuk meningkatkan karakter mahasiswa UPY. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Pengumpulan data pada penelitian ini antara lain adalah observasi, angket, wawancara dan tes. Metode analisa data yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis nilai karakter UPY ‘Karakterku’ yang dikembangkan melalui 6 langkah penelitian dan pengembangan yaitu penelitian dan pengumpulan, perencanaan, pengembangan draf produk, ujicoba lapangan awal, merevisi hasil uji coba dan uji coba lapangan.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai significansi karakter mahasiswa dengan menggunakan multimedia interaktif ‘Karakterku’  adalah 0,000 maka terdapat perbedaan prestasi dengan sebelum dan setelah menggunakan multimedia interaktif.

Kata kunci: multimedia interaktif, karakterku, karakter mahasiswa


References


Abboed S. Abdullah. (1988). Kamus Istilah Agama Islam. Jakarta: Ikhwan.

Agung Trana Jaya.(2011). Hubungan Amanah dan Motivasi dengan Etos Kerja Kader Hidayatullah.Tesis, magister, tidak diterbitkan,Universitas Indonesia, Jakarta.

Mubarok, Achmad. (2009). Akhlak Mulia: Sebagai Konsep Pembangunan Karakter. GMPAM – YPC – WAP.

Pius A. Partanto & M. Dahlan Al Barry, (1994).Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.

Shodiq (2014). Pengukuran Keimanan: Perspektif Psikologi. Nadwa-Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 8, Nomor 1, April 2014.

Syeikh Abdul Qadir al Jailani. (2002). Rahasia Sufi.Terj.Abdul Majid & Khatib, Ar-Risalatulas-Sufiyyah. Yogyakarta: Pustaka Sufi.

Zakiah Daradjat, (1990). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.