Sarasehan dan Lomba Sastra Anak 2018

 

Sarasehan dan Lomba Sastra Anak 2018

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Yogyakarta bekerjasama dengan Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komisariat Balai Bahasa DIY akan menyelenggarakan kegiatan Sarasehan dan Lomba Sastra Anakse-DIY Tahun 2018. Selain sebagai kegiatan kerjasama, kegiatan ini sekaligus menjadi tugas akhir Mata Kuliah Bahasa Indonesia SD 1 yang diampu oleh Deri Anggraini, M.Pd bagi mahasiswa semester II PGSD FKIP UPY Kegiatan sarasehan pembelajaran sastra anak dan lomba sastra anak akan dilaksanakan pada Sabtu, 28 Juli 2018 di Kampus 2 UPY dengan jadwal terlampir.

Dengan tema “Menumbuhkan Apresiasi terhadap Karya Sastra Anak melalui Kegiatan Ayo Bersastra dan Sarasehan Pembelajaran Sastra Anak bagi Siswa dan Guru SD se-DIY”, kegiatan ini bertujuan: 1) meningkatkan kesadaran guru untuk berperan serta dalam menumbuhkan apresiasi yang baik pada siswa terhadap sastra anak dan menumbuhkan kreativitas guru dalam pendidikan di SD, 2) menumbuhkan sikap positif, rasa cinta, dan bangga guru dan siswa SD terhadap budaya baca dan tulis cerita anak;menggali kemampuan penulis cerita anak yang berkualitas, 3) memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam menyelenggarakan kegiatan bersastra bagi guru dan siswa, dan 4) mewujudkan terjalinnya kerjasama antara Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Yogyakarta dengan Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan sarasehan pembelajaran sastra anak ditujukan bagi guru SD/TK/PAUD, mahasiswa, dan umum. Lomba sastra anak ditujukan bagi siswa SD se-DIY. Ada tujuh cabang lomba dalam kegiatan ini, yaitu1) lomba baca puisi, 2) lomba menulis cerita anak, 3) lomba cerdas cermat sastra, 4) lomba bermain peran, 5) lomba majalah dinding, 6) lomba membuat poster “Aku Cinta Sastra”, dan7) lomba mewarnai “Aku Cinta Sastra”. Pendaftaran dibuka sampai 25 Juli 2018. Informasi lengkap pendaftaran dapat dilihat di leaflet (DOWMLOAD). Formulir pendaftaran terlampir.

 

LAMPIRAN