PVTO UPY Selenggarakan Review Kurikulum Berbasis OBE untuk Perkuat Relevansi Pendidikan Vokasional Otomotif

Program Studi Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif (PVTO) Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) sukses menyelenggarakan kegiatan Review Kurikulum Berbasis Outcome-Based Education (OBE) yang berlangsung pada 1–18 Juli 2025. Kegiatan yang dipusatkan di Ruang Sidang FKIP UPY ini menghadirkan seluruh dosen program studi serta para pemangku kepentingan pendidikan vokasional.

Hadir sebagai narasumber utama, Prof. Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum., pakar pendidikan dan pengembang kurikulum nasional, yang memberikan pemaparan mendalam terkait urgensi transformasi kurikulum berbasis capaian pembelajaran lulusan (CPL) dan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK). Dalam paparannya, beliau menegaskan bahwa penyusunan kurikulum harus responsif terhadap kebutuhan industri otomotif dan perkembangan teknologi mutakhir.

Selain Prof. Rohmadi, kegiatan ini juga menghadirkan perwakilan mitra industri otomotif serta Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY yang turut memberikan pandangan strategis mengenai kompetensi yang dibutuhkan pada dunia kerja saat ini.

  • Peninjauan struktur kurikulum berdasarkan pendekatan OBE
  • Penyelarasan CPL dan CPMK dengan standar nasional serta kebutuhan dunia industri
  • Penguatan pembelajaran berbasis proyek dan praktik industri
  • Perumusan strategi peningkatan kompetensi lulusan agar adaptif terhadap teknologi otomotif terkini

Ketua Program Studi PVTO UPY, Muhammad Amiruddin, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah strategis dalam memastikan kurikulum yang diterapkan bersifat relevan, terukur, dan berorientasi pada hasil. Selama proses review, para dosen terlibat aktif dalam diskusi dan memberikan masukan konstruktif untuk penyempurnaan dokumen kurikulum yang tengah dikembangkan.

“Kurikulum vokasional harus terus bergerak mengikuti dinamika industri. Melalui review berbasis OBE, kami ingin memastikan lulusan tidak hanya memiliki kompetensi teknis yang kuat, tetapi juga siap beradaptasi dengan perubahan teknologi otomotif,” ujarnya.

Program Studi Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif UPY menegaskan komitmennya dalam menghadirkan kurikulum yang mampu mencetak lulusan kompeten, profesional, dan siap bersaing di dunia kerja. Pelaksanaan review kurikulum berbasis OBE ini menjadi bukti keseriusan prodi dalam menjawab tantangan pendidikan vokasional di era teknologi dan industri berkelanjutan.