Detail Berita Utama

Sambut Mahasiswa Baru, UPY Gelar PKKMB Secara Daring

Sambut Mahasiswa Baru, UPY Gelar PKKMB Secara Daring

Pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia khususnya Yogyakarta tentu mempengaruhi kegiatan akademik di seluruh kegiatan Perguruan Tinggi termasuk Universitas PGRI Yogyakart. Berbagai kegiatan yang sebelumnya sudah dialihkan menjadi daring (online) menggunakan zoom, kini juga diterapkan pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dan Pembukaan Akademik tahun 2020.

Pelaksanaan PKKMB UPY tahun 2020 yang dilakukan secara virtual melalui zoom

Universitas PGRI Yogyakarta menggelar rangkaian acara PKKMB tersebut selama 3 hari yang di ikuti sekitar 1.145 mahasiswa denga tema “Gempita Karya Mahasiswa Dalam Satu Warna Nusantara”. Di mulai hari senin tanggal 5 November 2020 untuk pembekalan kemudian selasa-rabu (6-7 November 2020) adalah acara inti pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru (PKKMB).

Ketua Panitia PKKMB 2020 (Dr. Muhammad Iqbal Birsyada M.Pd) saat menyampaikan sambutan

Kegiatan yang disiarkan langsung via zoom dan Youtube upyTV dilaksanakan di Studio/Lab Multimedia lantai 5 Gedung Fakultas Saintek Universitas PGRI Yogyakarta. Ketua Panitia PKKMB 2020 (Dr. M. Iqbal Birsyada M.Pd) mengajak seluruh mahasiswa baru UPY untuk menjadikan kegiatan PKKMB 2020 sebagai ajang silaturahmi satu sama lain. Sedangkan Dalam sambutannya sekaligus membuka acara pembekalan PKKMB 2020, Wakil Rektor lll (M. Fairuzabadi M.Kom) menyampaikan tujuan dilaksanakannya PKKMB yaitu merupakan salah satu upaya proses percepatan adaptasi dan pembentukan pribadi mahasiswa yang utuh, berkualitas, sukses dalam studi serta siap menghadapi tantangan masa depan.

Wakil Rektor lll bidang kemahasiswaan, alumni dan kerjasama (M.Fairuzabadi M.kom) saat menyampaikan sambutan dan membuka acara pembekalan PKKMB, senin (5/11)

Pada acara inti PKKMB 2020 yang dilaksankan selama 2 hari (6-7 November 2020) mahasiswa mendapatkan beberapa materi yang disampaikan oleh narasumber. Adapun materi tersebut antara lain: Empat pilar berbangsa dan bernegara yang disampaikan oleh Prof. Kaelan MS dari UGM, Sistem Pendidikan Tinggi dan Kebijakan Kampus Merdeka yang disampaikan oleh Ahmad Riyadi M.Kom (WR 1 Bidang Akademik UPY), kemudian materi ketiga adalah tentang Kewirausahaan yang disampaikan oleh Yolanda Agata yaitu owner Salad Nyoo, kemudian materi keempat tentang “Stop Hoax, Radikalisme, Intoleransi dan Terorisme” yang disampaikan oleh Kombes Drs Anjar Gunadi MM dari Polda DIY. Kemudian pada hari kedua PKKMB, rabu(7/11), yaitu materi kelima tentang Wawasan Kebangsaan atau Bela Negara yang disampaikan oleh Letnan satu Rizki Akbar dari Kopassus, dan materi yang terakhir tentang Etika Kampus dan Keistimewaan Jogja yang disampaikan langsung oleh Bapak Baskara Aji selaku Sekda DIY.

Rektor UPY (Dr Ir Paiman M.P) menyapa mahasiswa baru peserta PKKMB UPY 2020 secara virtual sekaligus membuka acara inti, selasa (6/11)

Diharapkan dengan adanya kegiatan PKKMB ini, walaupun masih ditengah pandemi Covid-19 baik mahasiswa maupun kampus dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru ini. Dan tetap harus berinovasi untuk mengantarkan calon generasi penerus khususnya mahasiswa, menjadi mahasiswa UPY yang unggul dan berdaya saing pada era global.

baca juga: http://upy.ac.id/berita/berkarya-dan-berprestasi-mapres-upy-raih-piala-di-lomba-video-cosplay