Universitas PGRI Yogyakarta dan GCC Indonesia Gelar Webinar Series #2: Menenun Nilai Global dalam Kearifan Lokal untuk Kebudayaan Berkelanjutan

Yogyakarta, 10 Mei 2025 – Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) bekerja sama dengan Global Citizenship Education Corporation Center (GCC) Indonesia sukses menyelenggarakan Webinar Series #2 bertema “Menenun Nilai Global Dalam Kearifan Lokal untuk Kebudayaan Berkelanjutan”, yang berlangsung di Auditorium UPY serta disiarkan secara daring, Sabtu (10/5).

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan pendidikan, termasuk Ketua PGRI DIY, Kepala Sekolah jenjang SD, SMP, dan SMK se-Kota Yogyakarta, para pendidik, akademisi, serta perwakilan sekolah mitra.

Dalam sambutannya, Rektor UPY, Prof. Dr. Ir. Paiman, MP., menegaskan bahwa pendidikan global saat ini menuntut pendekatan holistik yang tidak hanya berorientasi pada penguasaan materi, tetapi juga pembangunan karakter, empati, dan kemampuan hidup berdampingan. “Inilah semangat dari pendekatan GCC—pendidikan untuk warga dunia yang tidak tercabut dari akar lokal dan globalnya,” ujar Prof. Paiman.

Lebih lanjut, Prof. Paiman menyampaikan bahwa penerjemahan nilai-nilai global dalam konteks lokal adalah kunci untuk memastikan pendidikan relevan dengan kehidupan nyata peserta didik. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada GCC Indonesia, Dinas Pendidikan, para kepala sekolah, dan guru yang terlibat dalam inisiatif ini. UPY, tambahnya, berkomitmen untuk terus menjadi bagian dari gerakan pendidikan yang mencerdaskan kehidupan bangsa.

Wakil Rektor III UPY, Assoc. Prof. Dr. Septian Aji, M.Pd, hadir sebagai narasumber utama dalam webinar ini dan menyampaikan materi mengenai pentingnya menenun nilai global dalam kearifan lokal sebagai landasan kebudayaan berkelanjutan.

Sementara itu, Prof. Dr. Dasim Budimansyah, M.Si., Direktur GCC Indonesia, memaparkan profil dan capaian GCC Indonesia yang telah menyelenggarakan kegiatan serupa di berbagai kota. Ia juga memimpin sesi metodologi pengembangan sekolah model Global Citizenship Education (GCED) untuk jenjang SD, didampingi oleh Prof. Dr. Danny Meirawan, M.Pd. untuk jenjang SMP dan Prof. Ace Suryadi, M.Sc., Ph.D. untuk jenjang SMA.

Pada akhir kegiatan, masing-masing kepala sekolah yang hadir juga menyusun rencana aksi yang akan dikoordinasikan dengan para fasilitator di jenjang masing-masing. Hal ini menjadi langkah nyata dalam mengimplementasikan nilai-nilai GCED secara kontekstual, efektif, dan terstruktur di sekolah masing-masing. Webinar ini menjadi momen penting dalam memperkaya wawasan dan praktik pembelajaran para guru di era pendidikan global, dengan tetap berpijak pada nilai-nilai lokal sebagai fondasi budaya bangsa.